5 Cara Kuliah di Luar Negeri

Spread the love

Saat ini ada banyak pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke negara lain. Banyak dari mahasiswa yang ingin menambah ilmu degan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Ada banyak faktor yang menyebabkan orang ingin kuliah di uar negeri, salah satunya adalah teknologi yang lebih maju di negara tersebut. Ya, tidak hanya teknologi yang sudah maju saja, akan tetapi ilmu yang lebih berkembang juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyak pelajar yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Cara Mudah Kuliah Di Luar Negeri

Tidak sedikit pelajar yang masih bingung mengenai bagaimana cara untuk dapat kuliah di luar negeri. Ya, banyak orang beranggapan bahwa kuliah di luar negeri adalah hal yang amat sulit. Padahal, ada banyak pintu masuk yang dapat Anda lalui untuk dapat kuliah di negara tersebut. Anda dapat menemukan banyak cara untuk dapat bergabung dengan universitas impian di negara tersebut.

Cara-Cara Untuk Menjadi Mahasiswa Di Luar Negeri

Bagi Anda yang masih bingung mengenai cara untuk kuliah ke luar negeri, maka berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat kuliah di luar negeri:

  1. Beasiswa Pemerintah

Siapa bilang jika pemerintah tidak mendukung dengan adanya beasiswa luar negeri. Ya, pemerintah mendukung hal tersebut salah satu buktinya adalah dengan adanya beasiswa pemerintah, baik yang berasal dari Indonesia maupun yang berasal dari negara tujuan Anda. Salah satu beasiswa luar negeri yang disediakan oleh Indonesia adalah dengan adanya beasiswa DIKTI yang dapat membantu Anda meringankan biaya kuliah di negara tersebut. Beasiswa ini akan memberikan tiket pulang, biaya hidup, dan biaya kuliah di negara tersebut.

Untuk memperoleh beasiswa tersebut, tentu Anda harus melewati beberapa tahapan seleksi dan tes yang dilakukan oleh pemerintah. Tidak hanya itu aja, Anda juga diwajibkan memiliki sertifikat TOEFL yang memadai. Hampir semua kuliah di luar negeri meminta syarat TOEFL atau IELTS sebagai salah satu bentuk bahwa calon mahasiswa tersebut mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik.

  1. Beasiswa Universitas

Jika Anda merasa bahwa beasiswa pemerintah tidak cukup membantu Anda untuk kuliah di luar negeri, maka jangan khawatir bahwa Anda juga dapat menemukan beasiswa universitas. Ya, banyak universitas di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa dari luar negara mereka. Pada umumnya, untuk dapat memperoleh beasiswa yang satu ini, maka Anda harus diterima terlebih dahulu sebagai mahasiswa di universitas tersebut.

Ya, Anda perlu mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di universitas tersebut. Jika Anda sudah terdaftar, maka Anda dapat melakukan pengajuan untuk mendapatkan beasiswa. Pada umumnya, beasiswa yang satu ini memerlukan biaya di awal kuliah. Anda harus memiliki dana untuk menuju ke negara tersebut sekaligus biaya hidup setidaknya selama 1 bulan.

  1. Beasiswa Swasta

Tanpa disadari, banyak pihak sponsor yang mau memberikan dana atau biaya untuk pelajar Indonesia meraih pendidikan yang lebih tinggi. Sebagai contoh adalah Djarum. Perusahaan yang satu ini dengan rutin memberikan beasiswa kepada pelajar Indonesia untuk kuliah di dalam maupun uar negeri. Anda dapat melakukan permohonan untuk dapat memperoleh beasiswa dari universitas tersebut.

  1. Pertukaran pelajar

Ya, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat merasakan kuliah di luar negeri adalah dengan pertukaran pelajar. Saat ini, banyak universitas di Indonesia yang melakukan kerja sama dengan universitas di negara maju lainnya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk melakukan pertukaran pelajar. Pada umumnya, pertukaran pelajar ini dilakukan bagi mereka yang memiliki IPK lebih dari 3,00. Keikutsertaan dalam organisasi, sikap, dan bahasa yang dikuasai juga menjadi salah satu penilaian lain untuk dapat melakukan program yang satu ini. Pada umumnya, beasiswa yang satu ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk kuliah di negara tersebut, akan tetapi juga tinggal bersama dengan keluarga lokal di negara tersebut.

  1. Beasiswa kebudayaan dan olahraga

Bagi Anda yang tidak menonjol di dunia akademis juga dapat merasakan kuliah di luar negeri, salah satunya adalah dengan mengikuti beasiswa olahraga dan kebudayaan. Banyak negara di Amerika dan Eropa yang memberikan apresiasi pada bakat seni seseorang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beasiswa dengan memandang prestasi di luar akademik sebagai penilainya.

Demikian di atas merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat kuliah di luar negeri. Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di luar negeri, maka Anda perlu melakukan banyak persiapan, selain dari segi akademik, Anda juga memerlukan persiapan dari segi bahasa. Jangan lupa untuk mempelajari bahasa Inggris karena bahasa yang satu ini biasanya digunakan sebagai alat komunikasi di negara pelajar.