Tips Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris

Spread the love

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang ditetapkan sebagai bahasa internasional. Bisa dikatakan bahwa bahasa Inggris telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang di berbagai negara. bahkan di setiap jenjang pendidikan diajarkan terkait dengan mata pelajaran bahasa Inggris. Pada ujian nasional pun terdapat ujian pelajaran Bahasa Inggris dan merupakan suatu keharusan. Salah satu hal yang dipelajari dalam bahasa Inggris adalah terkait dengan grammar. Grammar merupakan tata bahasa dalam bahasa Inggris yang jenisnya berbeda-beda. Banyak orang yang merasa kesulitan ketika belajar tentang grammar. Namun sebenarnya belajar grammar tidaklah sulit, sehingga tidak perlu khawatir.

Tips Untuk Dapat Paham Betul Soal Grammar

Ada cukup banyak tips yang bisa dilakukan ketika ingin mempelajari grammar bahasa Inggris. Dengan melakukan beberapa tips berikut maka akan lebih cepat dan mudah memahami grammar.

  1. Memahami tenses

Untuk mempermudah memahami tenses maka lebih baik menggunakan timeline sehingga lebih mudah untuk menggunakan tenses yang sesuai dengan konteks waktu. Bagi orang-orang yang belajar bahasa Inggris biasanya menganggap bahwa tenses adalah hal yang paling menakutkan dan banyak yang putus asa mempelajarinya. Hal ini terjadi karena pada bahasa Inggris selalu menjadikan waktu sebagai suatu pembeda pada setiap konteks. Yang demikian tersebut berbeda dengan bahasa Indonesia yang simple dan tidak membingungkan.

  1. Menghafalkan verb

Verb atau kata kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam bahasa Inggris, khususnya dalam mempelajari grammar. Ada dua jenis atau bentuk verb, yaitu reguler dan irreguler. Sementara sendiri ada tiga bagian yaitu verb bentuk 1, 2, dan 3, di mana penggunaan setiap bentuk verb tidaklah sama. Usahakan untuk menghafalkan 5 verb dalam 1 hari secara terus-menerus sehingga hal ini bisa membantu untuk mempelajari grammar.

  1. Memahami possesive pronounce

Perlu diketahui bahwa possessive pronouns merupakan kata kepemilikan sehingga tidak perlu dihafalkan. Untuk mempermudah memahaminya maka bisa membuat tabel possessive pronouns. Dengan demikian maka akan jauh lebih mudah, apalagi possessive pronouns tidak begitu banyak karena hanya ada 3, dengan bentuk singular dan plural.

  1. Relative pronouns

Sebenarnya penggunaan relative pronouns tidak membingungkan karena hanya perlu membedakan posisi objek pada kalimat. Jika ingin menghubungkan kalimat maka dibutuhkan suatu kata ganti sehingga bisa menambah keterangan. Ada lima relative pronouns dalam bahasa Inggris yaitu who, what, whom, which, dan that. Setiap pronouns memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan subjek yang diterangkan. Penggunaannya hanya perlu disesuaikan dengan posisinya pada kalimat sehingga grammar akan lebih mudah dipelajari.

  1. Memahami preposition

Ada cukup banyak preposition atau kata yang digunakan untuk keterangan waktu dan tempat. Pada umumnya ada tiga yaitu at, in, on. Banyak orang yang merasa bingung ketika menggunakan 3 kata tersebut karena memiliki makna yang hampir sama. Untuk mempermudah belajar grammar maka perlu membuat diagram preposition sehingga tidak lagi sulit.

  1. Memahami penggunaan anything, something, dan nothing

Pada dasarnya penggunaan 3 kata tersebut sangatlah mudah dengan catatan mengetahui aturan main. Kata-kata tersebut sering dipakai pada berbagai kalimat bahasa Inggris tetapi banyak orang yang salah dalam menggunakannya. Setiap kata sebenarnya memiliki penggunaan yang berbeda-beda. Something lebih cenderung digunakan pada kalimat positif, anything untuk kalimat tanya danĀ  negatif, nothing untuk kalimat tanya dan negatif. Perbedaan antara anything dan nothing terdapat pada maknanya, nothing memiliki arti “tidak”, sementara anything memiliki arti “apa saja”.

  1. Memahami penggunaan determiners

Ada 3 kata yang cukup banyak dibingungkan oleh orang-orang yaitu a, an, the. Sebenarnya untuk menggunakan kata tersebut bisa melihat pada subjeknya. Bagaimanapun determiners itu sangatlah penting, sehingga harus dipahami dengan baik. Apabila akan menentukan determinan pada awal kalimat maka hanya perlu melihat subjek. Jika subjek yang dipakai lebih dari satu maka tidak perlu menggunakan determiners. Sementara jika subjeknya menggunakan huruf awal konsonan maka menggunakan determiner a. Kalau subjek awal menggunakan huruf pertama vokal maka menggunakan determiner an. Dengan memahami hal tersebut maka belajar grammar akan lebih mudah.

  1. Memahami pembuatan kalimat pasif

Banyak orang yang merasa bingung ketika harus membuat kalimat pasif. Sebenarnya sangatlah mudah karena hanya perlu mengubah to be dan verb. Selain itu posisikan objek sebagai subjek pada kalimat, barulah ubah to be dan verb-nya pada bentuk yang berbeda.

Jika sudah mempelajari berbagai materi terkait dengan grammar maka langkah selanjutnya yaitu terus mencoba mengerjakan latihan soal. Dengan demikian, maka akan semakin mudah untuk belajar grammar bahasa Inggris. Jika terus berlatih maka tidak mudah lupa dengan apa yang telah dipelajari. Apalagi untuk bisa memahami grammar bahasa Inggris tidak serta merta bisa dilakukan dalam waktu yang singkat tanpa ada usaha yang optimal, sehingga tips-tips tersebut perlu dilakukan dan tetap berlatih.