Tips Untuk Menghadapi Soal IELTS

Spread the love

Banyak orang yang ingin kuliah di luar negeri karena berbagai alasan. Perlu diketahui bahwa ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan dengan baik, sehingga studi di luar negeri bisa lancar. Untuk bisa kuliah di sana pun harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Salah satu persyaratan yang biasanya ada yaitu sertifikat IELTS (International English Language Testing System), yaitu salah satu tes bahasa inggris yang bisa dilakukan di semua negara. Banyak yang menganggap bahwa tes ini cukup mengerikan, padahal tidak sepenuhnya demikian. Apabila dipersiapkan dengan matang, maka tes ini bisa dilalui dengan mudah dan mendapatkan skor yang tinggi. Pada tes ini akan diuji terkait berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca bahasa Inggris.

Tips Sebelum Dan Saat Mengejakan Tes IELTS

Bagi orang-orang yang baru pertama kali melakukan tes ini tanpa adanya persiapan, maka akan terasa sulit. Untuk itu, memang harus sering latihan sebelum mengerjakan tes yang sesungguhnya. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika hendak mengerjakan tes ini.

  • Menyiapkan pendengaran dengan baik

Pada dasarnya, pendengaran memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini, karena akan melewati sesi ujian mendengarkan. Apalagi rekaman yang diputar saat sesi mendengarkan hanya dilakukan satu kali saja, sehingga tidak ada pengulangan. Tidak hanya itu, tantangan lainnya saat sesi ini yaitu harus mendengarkan berbagai akses bahasa Inggris yang berbeda-beda. Ada beberapa akses yang sering digunakan, antara lain adalah aksen orang Amerika, Australia, New Zealand, dan Inggris. Setiap orang memiliki kecenderungan untuk mendengarkan akses bahasa Inggris yang tidak sama. Dengan demikian, sangatlah penting memahami bahasa Inggris dengan berbagai aksen. Hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkannya adalah dengan berlangganan podcast yang berbahasa Inggris.

  • Membaca petunjuk dengan benar

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika akan mengerjakan soal IELTS adalah membaca petunjuk dengan baik. Jika membaca petunjuk pada soal, maka bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat mengerjakan soal. Misalnya, pada sesi mendengarkan diminta untuk tidak menjawab lebih dari dua kata, pada sesi menulis diminta untuk memperhatikan terkait jumlah kata pada setiap tugas, dan lain sebagainya. Apabila tidak memenuhi syarat yang ditentukan, maka bisa kehilangan nilai. Itulah mengapa membaca petunjuk soal sangatlah penting.

  • Membuat Strategi

Salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mengerjakan tes ini adalah dengan menyusun strategi. Jika mampu membuat strategi yang tepa untuk mengerjakan tes, maka waktu bisa dimanfaatkan dengan baik. Misalkan pada sesi mendengarkan, maka bisa dengan cara menandai pada keyword atau kata kunci terkait dengan pertanyaan atau pada hal-hal yang penting. Selain itu, untuk bisa hemat waktu dalam membaca, maka bisa dilakukan dengan langsung menuju daftar pertanyaan. Namun pada dasarnya setiap orang memiliki strategi yang berbeda, sehingga usahakan untuk menemukan strategi yang tepat untuk diri sendiri guna mengerjakan tes.

  • Latihan terus menerus

Perlu diketahui bahwa waktu yang ditetapkan untuk mengerjakan soal tes tidaklah banyak. Waktu untuk mengerjakan sesi listening hanyalah selama 40 menit, di mana 10 menit terakhir digunakan untuk menyalin semua jawaban. Untuk itu, hal yang perlu dilakukan adalah latihan terus menerus sebelum melakukan ujian yang sebenarnya. Dengan demikian, selama latihan, bisa melakukan estimasi waktu dengan baik. Hal tersebut juga tentunya bisa membantu untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan orang yang mengerjakan soal. Misalnya, apabila kelemahannya terletak pada kesulitan dalam sesi membaca, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan memberikan banyak waktu untuk latihan tes membaca.

  • Mencari teman belajar bersama

Tips lainnya yang perlu dilakukan sebelum mengerjakan ujian IELTS sebenarnya yaitu dengan mencari teman belajar yang cocok. Lebih diutamakan jika teman belajar tersebut merupakan orang yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Untuk latihan dan belajar bersama teman bisa dimulai dari mendengarkan, menulis, membaca, dan berbicara. Dengan demikian, maka teman bisa mengoreksinya dan memberi saran. Rekamlah saat-saat latihan, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk bisa lebih baik lagi ke depannya. Cobalah sedikit demi sedikit untuk meningkatkan kemampuan dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jika melakukan latihan yang cukup, maka akan lebih mudah mengerjakan tes.

  • Menulis seperti halnya penutur asli

Seperti yang telah diketahui bahwa membaca dan menulis merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Untuk itu, maka biasakan untuk membaca banyak hal, seperti halnya iklan, buku panduan, majalah, esai, artikel, laporan, dan lain sebagainya. Jika sudah membaca, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan kosakata yang tidak diketahui maknanya, atau kosakata baru pada bacaan tersebut. Apabila sudah terbiasa menulis kalimat dengan lengkap, maka bisa berlatih untuk menulis per paragraf kemudian menyusunnya secara baik.

Itulah 6 tips yang bisa dilakukan jika hendak mengerjakan soal IELTS untuk mendaftar studi di luar negeri maupun persyaratan yang lainnya. Sebenarnya tes ini tidaklah sulit apabila sebelumnya sudah terbiasa dengan latihan.